ASSALAMUALAIKUM WR.WB... SELAMAT DATANG DI ILMU-MIRZA.BLOGSPOT.COM | Di Blog ini terdapat berbagai info dan posting yang menarik | Mulai dari kisah yang unik-unik | tips dan trick | social budaya | Info seputar geografi dan Astronomi | serta posting posting lainnya | Selamat menikmati..

google translate

Jumlah Seluruh Pengunjung

FC Barcelona

Jumat, 17 Desember 2010

Macam Dan Gambar norma-norma





Berikut ini adalah norma yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat:

  • Norma Agama : Ialah peraturan hidup yang harus diterima manusia sebagai perintah-perintah, laranganlarangan dan ajaran-ajaran yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Pelanggaran terhadap norma ini akan mendapat hukuman dari Tuhan Yang Maha Esa berupa “siksa” kelak di akhirat.
 CONTOH GAMBAR NORMA AGAMA


MELAKUKAN IBADAH SHOLAT BERJAMA'AH
Gambar di bawah merupakan suatu perbuatan yang mencerminkan sikap dalam beragama yaitu dengan melakukan ibadah sholat berjama'ah

  • Norma Kesusilaan : Ialah peraturan hidup yang berasal dari suara hati sanubari manusia. Pelanggaran norma kesusilaan ialah pelanggaran perasaan yang berakibat penyesalan. Norma kesusilaan bersifat umum dan universal, dapat diterima oleh seluruh umat manusia.
CONTOH NORMA KESUSILAAN SALING TOLONG MENOLONG
Gambar dibawah menunjukkan sikap taling tolong menolong sesama manusia yaitu bersama sama membangun rumah yang roboh karena angin topan. Hal tersebut berhubungan dengan norma kesusilaan.

  • Norma Kesopanan : Ialah norma yang timbul dan diadakanoleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. Akibat dari pelanggaran terhadap norma ini ialah dicela sesamanya, karena sumber norma ini adalah keyakinan masyarakat yang bersangkutan itu sendiri. Hakikat norma kesopanan adalah kepantasan, kepatutan, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Norma kesopanan sering disebut sopan santun, tata krama atau adat istiadat. Norma kesopanan tidak berlaku bagi seluruh masyarakat dunia, melainkan bersifat khusus dan setempat (regional) dan hanya berlaku bagi segolongan masyarakat tertentu saja. Apa yang dianggap sopan bagi segolongan masyarakat, mungkin bagi masyarakat lain tidak demikian.
CONTOH NORMA KESOPANAN BERJABAT TANGAN DENGAN HORMAT PADA ORANG TUA

  • Norma Hukum : Ialah peraturan-peraturan yang timbul dan dibuat oleh lembaga kekuasaan negara. Isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaanya dapat dipertahankan dengan segala paksaan oleh alat-alat negara, sumbernya bisa berupa peraturan perundangundangan, yurisprudensi, kebiasaan, doktrin, dan agama. Keistimewaan norma hukum terletak pada sifatnya yang memaksa, sanksinya berupa ancaman hukuman. Penataan dan sanksi terhadap pelanggaran peraturan-peraturan hukum bersifat heteronom, artinya dapat dipaksakan oleh kekuasaan dari luar, yaitu kekuasaan negara.
CONTOH NORMA HUKUM SEORANG PENJAHAT YANG DI TANGKAP POLISI
Norma hukum merupakan norma yang paling tegas sanksinya, salahsatunya yaitu dengan hukuman penjara.


3 komentar:

918Kiss mengatakan...

Valuable site, where did u come up with slot games
the information in this posting I am pleased I discovered it though, ill be checking back soon to find out what new content pieces u have.

SCR888 Cafe mengatakan...

Wow, what a blog! I mean, you just have so much guts to go ahead and tell it like it is. You're what Live Casino In Malaysia blogging needs, an open minded superhero who isn't afraid to tell it like it is. This is definitely something people need to be up on. Good luck in the future, man

farwashabbir mengatakan...

Subsequently, after spending many hours on the internet at last We\'ve uncovered an individual rollex download
that definitely does know what they are discussing many thanks a great deal wonderful post.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive