ASSALAMUALAIKUM WR.WB... SELAMAT DATANG DI ILMU-MIRZA.BLOGSPOT.COM | Di Blog ini terdapat berbagai info dan posting yang menarik | Mulai dari kisah yang unik-unik | tips dan trick | social budaya | Info seputar geografi dan Astronomi | serta posting posting lainnya | Selamat menikmati..

google translate

Jumlah Seluruh Pengunjung

FC Barcelona

Jumat, 17 Desember 2010

Samudra Baru Tengah Yang Akan Membelah Benua Afrika


Para geolog yang melakukan penelitian di wilayah Afar, Etiopia, mengatakan bahwa 10 juta tahun lagi samudra baru akan terbentuk. Samudra itu akan memecah Afrika menjadi dua bagian.


Proses terbentuknya samudra baru sebenarnya telah dimulai dari tahun 2005 lalu. Saat itu, retakan sepanjang 60 kilometer terbentuk di Etiopia. Dalam jangka waktu 10 hari saja retakan sudah melebar hingga 8 meter. Perkembangan retakan ini cukup mengejutkan karena secara teori, dalam kondisi normal, retakan selebar itu baru bisa tercapai dalam 230 tahun.
Retakan tersebut disebabkan oleh dorongan batuan lunak dan panas dari perut bumi. Menurut para ilmuwan, adanya dorongan dari dalam menyebabkan permukaan bumi retak. Dalam kurun waktu 5 tahun belakangan diketahui bahwa retakan terus melebar.
Sejauh ini, erupsi yang terjadi di bawah tanah masih terus berlangsung. Akibatnya, pada akhirnya wilayah Etiopia dan Somalia akan terpisah dari Benua Afrika. Ketika dua wilayah terpisah, akan terbentuk selat yang kemudian berkembang menjadi laut dan pada akhirnya samudra.
"Hasil retakan akan memisah semakin jauh. Bagian selatan Etiopia dan Somalia akan terpisah, menciptakan pulau baru. Dan, kita akan memiliki Afrika kecil dan pulau besar lainnya yang terapung di Samudra Hindia," kata James Hammond, seismolog Universitas Bristol yang meneliti Afar.
Dr Tim Wright dari Universitas Oxford di Inggris mengatakan, "Ini hal yang sangat luar biasa." Sebelumnya, ketika menemukannya pada tahun 2005, ia mengatakan, "Retakan ini akan terhubung dengan Laut Merah sehingga bisa terisi air dan membentuk samudra."
Para ilmuwan di Universitas Leeds memprediksi bahwa dalam waktu 10 juta tahun, Tanduk Afrika akan jatuh jauh dan samudera baru akan terbentuk.

Apa yang di maksud dengan Tanduk Afrika itu ?

Tanduk Afrika adalah sebuah semenanjung di Afrika Timur yang menonjol ke Laut Arabia dan terletak di sepanjang bagian Selatan Teluk Aden. Istilah ini juga merujuk pada daerah lebih luas yang meliputi Somalia, Djibouti, Ethiopia dan Eritrea. Pada Royal Society Summer Science Exhibition yang dibuka di London pada 28 Juni 2010, tim geologi Dr.Tim Wright dari University of Leeds School of Earth and Environment menyampaikan hasil penelitiannya :

“Proses pembentukan samudera biasanya tersembunyi jauh di bawah laut, tapi di Afar (sebuah wilayah di Ethiopia) kami bisa berjalan melintasi permukaan bumi yang terbelah itu - sungguh luar biasa. Kami sekarang memiliki kesempatan untuk melakukan segala macam percobaan di laboratorium alam yang unik ini, untuk lebih memahami proses-proses yang terlibat dalam membentuk permukaan Bumi ini membantu kita untuk memahami dan mitigasi bencana alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Kegiatan dalam 5 tahun terakhir di Afar benar-benar luar biasa - kami telah menyaksikan lempeng terbelah secara nyata di depan mata. Penelitian kami menunjukkan pentingnya magma cair dalam keseluruhan proses - kami telah mampu untuk melacak magma dari bawah kerak bumi sampai diterobos ke dalam retakan dan mengeras menjadi kerak baru, atau meletus di permukaan.”

Di padang pasir terpencil Afar kilometer 60 - sekitar 40 mil - panjang segmen plate boundary yang retak terbuka sepanjang delapan meter selama sepuluh hari di tahun 2005. Kesenjangan diisi oleh 2,5 kilometer kubik molten rock. Sejak itu retakan telah berkembang lebih luas dan lebih lama dengan letusan terakhir terjadi baru-baru ini pada bulan Mei 2010. Para ilmuwan yang mempelajari kawasan itu percaya bahwa samudera baru perlahan-lahan membentuk dan akhirnya akan membagi benua Afrika menjadi dua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive